Posted by : pena alhikam Jumat, 02 Mei 2014

SANTAI : Suasana sarasehan bersama antar pengurus OSPAM.
Malang- Setelah dua pekan dipilih menjadi tim formatur, M. Rizqi Asyhari, Aries Jodi S dan Mujib, membentuk kepengurusan Organisasi Santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam (OSPAM) yang baru. Menurut informasi yang didapat dari Mujib sebagai ketua II OSPAM, kepengurusan yang baru sudah lengkap dan pelantikan OSPAM akan dilaksanakan pada Sabtu (03/05) malam bertepatan dengan kegiatan Tanbih Al-Am. “Pelantikan OSPAM memang sengaja dilaksanakan pada Tanbih Al-Am karena terkait dengan kehadiran bapak pengasuh di Al-Hikam Malang,” ungkap mahasiswa STAIMA Al-Hikam ini.
Namun, sebelum dilantik oleh bapak pengasuh Abah A. Hasyim Muzadi. Pengurus Ospam yang baru melakukan kegiatan ‘Sarasehan Bersama’ dengan pengurus OSPAM yang telah didimisioner, yaitu OSPAM ‘Bersama’. Kegiatan ini bertujuan untuk saling berbagi informasi mengenai perencanaan progam kerja yang akan dilakukan oleh pengurus baru OSPAM, sedangkan OSPAM sebelumnya memberikan saran-saran mengenai perencanaan proker yang akan dilaksanakan.
Semisal, dalam progam ziarah wali songo yang dibawahi oleh Departemen Hubungan Sosial (Husos). Tutut Asyahidu (CO Husos) meminta masukan agar kegiatan ini lebih maksimal daripada tahun sebelumnya. Disini, Irham Rahman sebagai pengurus Husos sebelumnya memberikan saran mengenai ziarah wali songo  dapat dikonsultasikan dengan pihak pesantren. Menurut Irham, melihat kuantitas peserta yang berpartisipasi sedikit mengkhawatirkan, maka bagaimana jika ada kewajiban bagi santri kelas I untuk mengikuti kegiatan ini.
Selanjutnya, departemen kajian keilmuan yaitu Angga Saka Nur Kusuma memberikan keterangan mengenai proker yang akan dijalankannya. Dimulai dari Muhadloroh, Seminar Nasional, Pena Al-Hikam dan Guest Lecture. Ada beberapa yang dikritisi oleh Ketua I OSPAM ‘Bersama’ yaitu Robi Ardianto secara umum mengenai partisipasi santri. Robi meminta kepada kajian keilmuan yang baru ini dapat mulai memikirkan bagaimana cara meningkatkan persentase keaktifan santri dalam mengikuti kegiatan rutinan, seperti Muhadloroh. “Hal ini bisa disampaikan kepada pihak pesantren, bagaimana mereka juga dapat mendukung kegiatan OSPAM,” pesan Mahasiswa Universitas Negeri Malang itu.
Disimak oleh Pena Al-Hikam, terdapat beberapa rencana progam yang baru. Semisal di Departemen Kerumahtanggaan, ada progam Go Green. Progam ini bertujuan menghijaukan pesantren. “Di setiap blok, akan kami beri beberapa tanaman yang dirawat oleh santri sendiri,” ucap Ainul Yaqin. Selain itu ada progam kolam ikan. Rencananya, di depan blok B, akan dibuat kolam dan nantinya para santri sendiri yang mengelola. “Dengan progam ini, bisa membantu santri dalam membuat kolam dan mengembangkannya di rumah masing-masing,” ucap kordinator Departemen Kerumahtanggan itu.   

Secara umum, suasana kekeluargaan antar pengurus OSPAM baru dengan OSPAM sebelumnya sangat tampak. “Dengan adanya perkumpulan ini, menjadi awal yang baik, progam OSPAM yang baru harus mendapat dukungan dari OSPAM sebelumnya agar menjadi maksimal,” ucap Aries Jodi sebagai ketua II OSPAM.(zul)  

BERSINERGI : Pengurus OSPAM Baru dan OSPAM sebelumnya foto bersama setelah sharing progam kerja.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Pena Al-Hikam -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -