Posted by : pena alhikam Minggu, 04 Mei 2014


           Malang- Dalam rangka mempersiapkan lomba Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN) se-Kota Malang. Puskesmas Kendalsari Lowokwaru memberikan penyuluhan mengenai kesehatan kepada para santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam pada Sabtu (3/5) pagi di Aula ALQEC Pesma Al-Hikam. Faizul Muttaqin mengatakan kegiatan penyuluhan ini dilakukan dalam rangka persiapan menyambut tim penilai yang akan datang ke Pesantren Al-Hikam khususnya menilai Poskestren Pesma Al-Hikam. “Santri Al-Hikam dan Puskesmas Kendalsari saling bersinergi untuk menyukseskan Lomba Poskestren ini, karena dari Kecamatan Lowokwaru hanya Pesma Al-Hikam yang diikutkan,” ucap anggota Poskestren Pesma Al-Hikam tersebut.
Kegiatan penyuluhan diawali dengan pemberian materi tentang hal-hal yang akan dinilai dalam lomba Poskestren. Tim Penyuluh menjelaskan penilaian lomba ini akan dilihat dari beberapa aspek, diantaranya, kelengkapan obat-obatan Poskestren, kebersihan lingkungan Pesantren dan kesehatan para santri. “Dengan lomba ini, diharapkan kita lebih bersemangat menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan para santri,” ujar tim Penyuluh.
Masuk pada agenda selanjutnya yaitu penyuluhan mengenai hal-hal dasar yang harus dilakukan saat keadaan darurat. Semisal, apabila seorang teman sedang tersedak. Kita harus melakukan apa. Lebih ekstrim lagi, semisal ada orang yang mengalami cedera dan patah tulang, pertolongan pertama apa yang harus dilakukan. Suasana penyuluhan yang dipimpin oleh tim penyuluh itu terlihat sangat santai dan para santri sangat antusias dalam menyimaknya.
Pada akhir agenda, tim penyuluh meninjau lingkungan Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan tim juri yang akan datang pada minggu-minggu ini. “Peninjauan lingkungan ini bermanfaat untuk mempersiapkan hal-hal yang akan menjadi objek penilaian lomba,” ucap tim penyuluh pada akhir acara.(zul) 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Pena Al-Hikam -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -